Cara Pakai Aplikasi Android di Windows 11

Cara Pakai Aplikasi Android di Windows 11

Microsoft mengumumkan aplikasi Android dapat berjalan di Windows 11.
Namun, aplikasi Android yang dapat digunakan di platform ini adalah aplikasi yang tersedia di Amazon Appstore. Sebab, aplikasi Android yang dapat diunduh akan berasal dari toko aplikasi itu.

Aplikasi Android seperti TikTok akan dapat diunduh untuk Windows 11. Namun, pengguna kudu login ke Amazon App Store sebelum dapat laksanakan unduhan aplikasi seluler. Artinya, pengguna kudu terhubung account baru kecuali belum memilikinya.

Aplikasi Android akan berjalan mirip bersama aplikasi di smartphone. Jendela aplikasi pun akan tampil mirip bersama ukuran layar ponsel.

Baca juga:Daftar PC-Laptop yang Bisa Dapat Windows 11 Gratis TeknoFusion
Pengguna juga dapat menyematkan aplikasi ini di taskbar untuk mempermudah akses, seperti aplikasi Windows lain. Aplikasi juga dapat dimasukkan ke menu Start, diubah ukurannya, ditangkap layar, dan diperlakukan seperti aplikasi Windows lain.

Sebelumnya, pengguna Windows sebenarnya dapat menggunakan aplikasi Android menggunakan software emulator pihak ketiga.

Kemampuan Windows 11 untuk memainkan aplikasi Android di dukung oleh kompiler “Intel Bridge” yang mendukung aplikasi selanjutnya berjalan pada sistem x86 (varian prosesor mikro yang berjalan di PC dan laptop).

Namun, meski sistem ini dikembangkan Intel, aplikasi Android di Windows 11 tidak hanya terbatas pada komputer yang menggunakan CPU Intel. Prosesor berbasis AMD dan Arm juga akan mendukung aplikasi Android.

Baca juga:Microsoft Resmi Rilis Windows 11, Bisa Pakai Aplikasi Android
“Intel percaya perlu untuk menyediakan kekuatan ini di semua platform x86 dan telah merancang teknologi Intel Bridge untuk mendukung semua platform x86 (termasuk platform AMD),” ujar Intel seperti dikutip The Verge.

Menurut Intel, Bridge sendiri adalah run-time post compiler yang dapat menerjemahkan aplikasi non-x86 (Android misalnya), menjadi instruksi yang dapat dimengerti oleh perangkat berbasis x86 yang dapat berjalan di Windows 11 bersama CPU Intel atau AMD.

Sistem ini berkebalikan bersama cara Apple. Apple jadi menyesuaikan aplikasi-aplikasi x86 mereka sehingga dapat berjalan di perangkat berbasis Arm (varian prosesor mikro yang biasa dipakai di smartphone dan tablet). Microsoft jadi menyesuaikan sehingga aplikasi yang berjalan di chipset Arm berjalan di perangkat x86.

Baca juga:Tampilan Windows 11 Bocor di Internet Aplikasi Android
Melansir XDA Developer, sehingga aplikasi Android dapat berjalan di Windows 11, Microsoft membuat proxy dari aplikasi asli yang menjembatani aplikasi Android dan jenis aplikasi Windows.

Untuk mobilisasi kode, Microsoft mengembangkan “Subsistem Windows untuk Android” (WSA) yang mirip bersama “Subsistem Windows untuk Linux” yang telah hadir di Windows.

Sehingga, sebenarnya aplikasi Android berjalan di mesin virtual yang menyediakan kompatibilitas bersama kerangka kerja AOSP, dan perangkat seperti keyboard, mouse, sentuh, pena, dan headset Bluetooth untuk audio kompatibel

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.