CPU OPT vs CPU FAN: Apa Perbedaannya?

Seringkali langkah tersulit saat membangun atau meningkatkan PC gaming adalah menghubungkan semua kabel daya.

Mungkin mengecewakan untuk menginstal salah satu CPU game terbaik dan pendingin CPU pihak ketiga hanya untuk menemukan bahwa ada dua tempat untuk memasang kipasnya dan Anda tidak tahu header mana yang akan digunakan.

Konektor kipas CPU dapat dicolokkan ke header CPU_FAN atau CPU_OPT pada motherboard Anda —tetapi pilihlah dengan bijak, karena memasangnya ke konektor yang salah dapat menyebabkan sistem Anda tidak bisa boot dan BIOS Anda mengeluarkan kesalahan.

Singkat cerita adalah Anda harus memiliki kipas CPU yang dicolokkan ke header CPU_FAN, jika tidak, motherboard Anda kemungkinan besar tidak akan mencatat bahwa ada kipas CPU yang terhubung sama sekali.

Biasanya hanya ketika Anda perlu menghubungkan beberapa kipas CPU yang harus Anda pertimbangkan untuk menggunakan header CPU_OPT.

Apa itu CPU_FAN?

Header CPU_FAN 4-pin motherboard adalah header utamanya untuk mencolokkan kipas pendingin CPU Anda, dan biasanya terletak di dekat soket CPU. Motherboard Anda harus mendaftarkan header CPU_FAN ini sebagai yang utama untuk pendinginan CPU. Ini berarti jika tidak ada kipas yang terhubung ke header CPU_FAN, motherboard Anda mungkin akan berpikir bahwa tidak ada kipas yang mendinginkan CPU Anda sama sekali dan akan mencegah Anda mem-boot sistem.

Karena itu, kipas CPU Anda harus dicolokkan ke header CPU_FAN. Ini memungkinkan motherboard Anda melihat bahwa CPU sedang didinginkan, dan memungkinkan Anda mengonfigurasi dan mengatur suhu CPU dengan menyesuaikan kecepatan kipas CPU di BIOS, untuk informasi lain lebih lengkapnya di trestleontenth.

Apa itu CPU_OPT?

Header 4-pin CPU_OPT (‘CPU Optional’) motherboard adalah header opsional untuk mencolokkan kipas CPU. Jika pendingin CPU Anda menggunakan dua header yang berbeda, Anda dapat mencolokkan yang utama ke header CPU_FAN dan yang lainnya ke header CPU_OPT Anda. Jika ada lebih dari dua header, Anda dapat menggunakan splitter untuk menggabungkannya dan menyambungkan header sekunder ke header CPU_OPT dengan satu kabel.

Sistem Anda harus boot tanpa apa pun yang dicolokkan ke CPU_OPT, dan penggunaan utamanya adalah untuk menghubungkan sistem pendingin dengan banyak kipas, atau untuk memberi daya pada pompa pendingin AIO saat Anda tidak dapat menggunakan header AIO_PUMP pada motherboard. Perlu diketahui bahwa Anda tidak akan dapat mengontrol kecepatan pompa AIO di BIOS jika dicolokkan ke CPU_OPT.

Lokasi Header Kipas CPU

Header CPU_FAN dan CPU_OPT harus ditempatkan dekat dengan soket CPU motherboard Anda. Mereka sering ditemukan berdampingan, di atas dan di sebelah kanan CPU, di suatu tempat di dekat slot DIMM untuk RAM. Motherboard Anda harus memiliki tulisan ‘CPU_FAN’ dan ‘CPU_OPT’ tepat di sebelah header ini.

Lokasi mereka dapat bervariasi tergantung pada motherboard, namun. Jika Anda tidak dapat menemukan header, Anda harus memeriksa manual motherboard Anda yang seharusnya diberi label dengan jelas pada diagram.

Bisakah Anda Menggunakan CPU_OPT untuk Penggemar Kasus?

Anda dapat menggunakan header CPU_OPT untuk kipas casing, tetapi tidak disarankan jika header SYS_FAN (‘kipas sistem’) atau CHA_FAN (‘kipas sasis’) tersedia. Sama seperti CPU_FAN, CPU_OPT hanya terhubung ke sensor suhu CPU, artinya tidak terkait dengan sistem secara keseluruhan dan suhu komponen lainnya. Dengan demikian, jika Anda mencolokkan kipas casing ke header CPU_OPT, Anda tidak akan dapat mengatur kecepatannya berdasarkan suhu sistem secara keseluruhan—sebaliknya, itu hanya akan diatur oleh suhu CPU.

Namun, jika Anda tidak memiliki lagi header SYS_FAN atau CHA_FAN yang kosong di motherboard Anda dan Anda perlu memasang kipas casing lain, Anda dapat mencolokkannya ke CPU_OPT.

CPU_OPT vs CPU_FAN

Header CPU_OPT dan CPU_FAN dapat digunakan untuk penggemar CPU, tetapi, seperti namanya, hanya satu yang ‘opsional’. Harus ada kipas yang dicolokkan ke header CPU_FAN, jika tidak, motherboard Anda mungkin akan berpikir bahwa tidak ada kipas yang mendinginkan CPU dan tidak akan membiarkan Anda melakukan booting.

CPU_OPT harus digunakan untuk konektor pendingin CPU sekunder, seperti yang mungkin Anda temukan di pengaturan radiator multi-kipas. Ini juga dapat digunakan untuk pompa AIO jika Anda tidak dapat menghubungkannya ke header AIO_PUMP yang benar, tetapi ini berarti Anda tidak dapat mengontrol kecepatan pompa dari BIOS. Terakhir, Anda dapat memasang kipas casing ke CPU_OPT jika header SYS_FAN atau CHA_FAN tidak tersedia, tetapi kecepatan kipas ini hanya akan diatur berdasarkan suhu CPU, dan bukan suhu keseluruhan sistem.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.