Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia 2020 Versi Webometrics

Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia 2020 Versi Webometrics

Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia, Webometrics lagi mempublikasikan hasil penilaiannya soal perguruan tinggi terbaik di semua dunia 2020.
Dalam proses pemeringkatan yang dilakukan, Webometrics mengfungsikan empat indikator penilaian, yakni Presence, Visibility, Tranparency (or Openness) dan Excellence (or Scholar)

Komponen Presence dinilai dari kuantitas halaman domain web site utama sebuah institusi bersama bobot 5 persen. Lalu komponen Visibiilty dinilai dari kuantitas jaringan eksternal yang membuka ke laman institusi bersama alokasi pembobotan sebesar 50 persen.

Yang ketiga, komponen Tranparency (or Openness) dinilai dari berapa banyak kutipan dari 110 authors teratas bersama bobot sebesar 10 persen.

Dan paling akhir adalah komponen Excellence dinilai dari kuantitas makalah satu diantara 10 % teratas yang paling banyak dikutip selama periode lima th. (2013-2017).

Semua hasil penilaian itu bakal diakumulasikan lantas diperbandingkan bersama ribuan universias di bermacam negara, baik negeri maupun swasta. Dalam hasil penilaian Webometrics edisi Juli 2020, tersebut ini 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, sudah pasti versi Webometrics.

1. Telkom University (Tel-U)

Di peringkat pertama tersedia Telkom University (Tel-U). Universitas yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom ini terletak di Bandung, Jawa Barat. Dinobatkan menjadi kampus swasta terbaik di Indonesia oleh Webometrics ternyata bukan kali pertama didapatkan oleh Tel-U, sebagaimana dikutip dari laman formal Telkom University.

Sebelumnya, kampus yang diakses sejak 2013 ini sudah dinyatakan menjadi yang terbaik di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) di th. 2019. Untuk tingkat nasional, Tel-U mendiami kronologis ke-5 dan dunia tersedia di peringkat 1.435.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Tel-U Universitas Swasta Terbaik versi Webometrics

Perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia untuk peringkat kedua adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Jika disejajarkan bersama perguruan tinggi negeri nasional, UMY tersedia di posisi ke 11, sedang secara international mendiami kronologis ke 1.906.

UMY sudah punya histori panjang sejak pertama kali didirikan terhadap 1 Maret 1981. Peringkat kedua yang diberikan oleh Webometrics kali ini cukup tidak sama bersama hasil yang didapatkan UMY setahun sebelumnya. Pasalnya terhadap 2019, berdasarkan penilaian Kemenristekdikti, UMY tersedia di posisi ke-9 sebagai PTS terbaik se-Indonesia.

3. Universitas Bina Nusantara (Ubinus)

Posisi ke-3 ditempati oleh Universitas Bina Nusantara (Ubinus) yang terletak di Jakarta Barat.

Sebagai kampus yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, Ubinus punya prinsip untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan tepat waktu.

Setiap angkatannya, Ubinus selalu mentargetkan minimal 90 % mahasiswa lulus di selagi yang tepat, setidaknya sejak th. 1999. Hal ini disebutkan sebagai tidak benar satu menggapai obyek kualitas yang diharapkan kampus. Jika dilihat secara nasional, Ubinus tersedia di peringkat ke-14 dan secara international tersedia di kronologis 2.111.

4. Universitas Narotama (Unnar) Surabaya

Di posisi ke-4 sebagai PTS terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Webometrics adalah Universitas Narotama (Unnar) Surabaya. Dikutip dari laman formal universitas, Unnar sebenarnya menunjukkan diri dalam pemakaian Informasi dan Teknologi bebasis internet di kancah Internasional.

Pemeringakan Webometrics yang tidak benar satunya mengfungsikan indikator tersebut menunjukkan kiprah Unnar di kancah domestik maupun internasional. Kali ini, Unnar sukses mendiami peringkat ke-18 secara nasional, padahal di pemeringkatan edisi sebelumnya (Januari 2020), peringkatnya tetap tersedia di kronologis ke-45.

5. Universitas Mercu Buana (UMB)

Kemudian di posisi ke-5 adalah Universitas Mercu Buana. Sebelum punya kampus sendiri, penyelenggaraan perkuliahan dijalankan di Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) Jalan Gatot Soebroto. Namun terhadap 1984, Yayasan Menara Bhakti sukses membangun kampus yang diberi nama Kampus Menara Bhakti yang berlokasi di Jalan Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.

Dikutip dari laman resminya, sejak Desember 2016 Universitas Mercu Buana beroleh akreditasi “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dan kali ini, Universitas Mercu Buana sukses menunjukkan diri menjadi tidak benar satu kampus swasta terbaik yang tersedia di Indonesia.

Secara nasional, kecuali disejajarkan bersama kampus lain maka Universitas Mercu Buana mendiami kronologis ke-20, selagi secara international tersedia di peringkat 2.674.

6. Universitas Gunadarma

Selanjutnya di peringkat ke-6 sebagai PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Juli 2020 adalah Universitas Gunadarma (UG). Sejarah kampus ini bermula terhadap 7 Agustus 1981 berupa Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK). Kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma 3 th. kemudian.

Pada 1990, berdirilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Keduanya lantas berhimpun menjadi Universitas Gunadarma terhadap 1996.

Setelah lebih dari 20 th. menjadi sebuah universitas, kini UG sukses menempatkan diri sebagai tidak benar satu PTS berkualitas dan masuk dalam jajaran teratas institusi perguruan tinggi nasional.

7. Universitas Islam Indonesia (UII)

Di kronologis ke-7 sebagai PTS terbaik di Indonesia adalah Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta.

Ini merupakan kampus swasta tertua di Indonesia yang berdiri terhadap 8 Juli 1945. Pada awalnya UII bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang berlokasi di Jakarta.

Namun, setahun lantas STI secara formal diakses di Yogyakarta dan terhadap 1947 namanya diubah menjadi University Islam Indonesia. Secara nasional, UII tersedia di posisi ke-31 dan secara international tersedia di peringkat 3.125.

8. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Bergeser ke posisi ke-8 adalah Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) di Semarang, Jawa Tengah. Webometrics edisi Juli 2020 menempatkannya sebagai PTS swasta terbaik di Indonesia yang masuk dalam 10 besar. Sementara secara nasional Udinus tersedia di posisi ke-32, identik di bawah UII.

9. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Untuk PTS terbaik ke-9 di Indonesia adalah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ini menjadikannya PTS terbaik kedua di Jawa Timur sehabis Unnar.

Sementara untuk peringkat nasional disandingkan bersama perguruan tinggi negeri, UMM tersedia di posisi ke-33.

10. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
Terakhir sebagai 10 PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Juli 2020 adalah Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang tersedia di Bandung, Jawa Barat.

Mengutip laman resminya, Unpar berdiri sebagai bentuk mencukupi ahli-ahli berpendidikan tinggi untuk membangun Indonesia. Ketika itu, lebih kurang th. 50-an awal, sarjana hukum di Indonesia saja, sebagai contoh, jumlahnya hanya 200 orang, padahal kuantitas masyarakat sudah menggapai 90 juta jiwa.

Melihat suasana seperti itu, pimpinan Gereja Katolik di Indonesia terpanggil untuk berpartisipasi mendirikan sebuah kampus Katolik di Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.